Jumat, 31 Maret 2017

LINGKUP KOTA HONGKONG


                                   LINGKUP KOTA HONG KONG     

http://www.discoverhongkong.com/us/images/home/best-hk/list1_Symphony-of-Lights.jpg       

PROFIL

Hong Kong (Mandarin: 香港 ; Pinyin: Xiānggǎng; resminya Daerah Administratif Khusus Hong Kong) merupakan satu dari dua Daerah Administratif Khusus yang merupakan bagian dari negara Republik Rakyat Tiongkok, satunya lagi adalah Makau. Nama “Hong Kong” (HK) dari bahasa Kantonis atau nama Hakka yang artinya “fragrant harbour” (pelabuhan yang harum) dalam bahasa Inggris. Sebelum 1842, nama itu asalnya merujuk pada teluk kecil –kini Aberdeen Harbour/Little Hong Kong—antara pulau Ap Lei Chau dan sisi selatan HK Island.

Luas wilayah Hong Kong 1,104 kmdengan penduduk sekitar 7 Juta jiwa.Penduduk HK terdiri dari etnis China (95%) dan etnis lain (5%). Mayoritas etnis Han asal Guangzhou dan Taishan, dua kota yang bertetangga dengan Provinsi Guangdong.

Dengan prinsip “satu negara, dua sistem”, sistem politik dan ekonomi HK berbeda dengan pemerintahan China.HK menerapkan sistem demokrasi-kapitalis dan menjadi salah satu pusat keuangan internasional terkemuka di dunia.Mata uangnya, Dolar Hong Kong (HKD, $HK), merupakan mata uang ke-9 yang paling banyak digunakan di dunia.

http://magic.wizards.com/sites/mtg/files/images/featured/GP_HongKong.jpg

 

SEJARAH

Wilayah Hong Kong diperkirakan sudah mulai ditinggali manusia sejak zaman Neolitikum namun baru dikenal secara luas saat Hong Kong diserahkan kepada Britania Raya setelah Perang Opium di abad ke-19. Sebelumnya pada 1513, pelaut Portugis Jorge Álvares, menjadi orang Eropa pertama yang mengunjungi Hong Kong.

Hong Kong menjadi wilayah jajahan Inggris setelah Perang Opium Pertama (1839-1842).Bermula dari Hong Kong Island, koloni Inggris meluas ke wilaya Semenanjung Kowloon dan New Territoris tahun 1898.Sebelumnya kedua wilayah itu dikuasa Jepang saat Perang Pasifik.Pada tanggal 1 Juli 1997, daerah ini secara resmi diserahkan oleh pemerintah Britania Raya kepada Republik Rakyat Tiongkok.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/23/Hk1950.jpg/300px-Hk1950.jpg

 AGAMA

Kebebasan beragama berlaku di Hong Kong, dilindungi oleh “Basic Law of Hong Kong”.Sekitar 90% penduduk menganut agama Budha (utamanya Chinese Mahayana), Confucianism, dan Taoism.Agama Kristen dianut sekitar 600,000 atau 8% dari total penduduk.Ada juga penganut Sikh, Muslim, Yahudi, Hindu, dan komunitas Bahá’í. Sebagian besar penduduk Hong Kong beragama Buddha 700.000, Katholik 353.000, Protestan 320.000, Islam 90.000, Hindu40.000, Sikh 8.000. Yahudi 4.000. 



BAHASA

 
Bahasa penduduk HK sehari-hari adalah bahasa Kantonis (Cantonese), bahasa China asal Provinsi Guangdong hingga utara HK. Inggris juga menjadi bahasa resmi dan menurut sensus tahun 1996 digunakan oleh 3,1% penduduk dalam pergaulan sehari-hari dan oleh 34.9% penduduk sebagai bahasa kedua. Bahasa Mandarin juga mulai banyak digunakan seiring meningkatnya imigran dari Cina daratan ke HK.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivQIfC7xRrYwoLLTTPgzU5y2t5SRnp2d4H-c1r415v2eJVn2mKHTlQGn4_ikb5OUsHgxj3r8TqAkNZX_zOPipCpEJ9x8H1NHkqvorGiPVucbBsifyoEivIn2rExm7DIHpseJ_uWvjlePN8/s1600/Sammy+Jkt+%2526+Hkg+Sept+2014+97.jpg


DEMOGRAFI

https://images.detik.com/content/2014/05/07/1520/074721_hongbahasa2.jpg?w=455&q=90

Penduduk HK saat ini mencapai 7,03 juta jiwa. Sekitar 95% penduduk keturunan China, mayoritas Taishanese, Chiu Chow, orang Cantonese lain, dan Hakka. Etnis Han HK mayoritas berasal dari Guangzhou dan Taishan.Sekitar 5% lainnya imigran dari Asia Selatan, seperti India, Pakistan, Nepal, juga Vietnam.Ada juga penduduk asal Eropa, Amerika, Kanada, Jepang, dan Korea.Sebagai tambahan, ada sekitar 300.000 pembantu rumah tangga yang kini bekerja di HK, mayoritas dari Indonesia (sekitar 150.000 orang) dan Filipina.

GEOGRAFI

Hong Kong terdiri dari Pulau Hong Kong, Kowloon, dan New Territories jika diurutkan dari selatan . Di sebelah utara New Territories terdapat kota Shenzhen di seberang Sungai Sham Chun (Sungai Shenzhen). Di antara 236 pulau di Hong Kong, Pulau Lantau adalah yang terbesar sedangkan Hong Kong adalah yang kedua terbesar dan populasinya adalah yang terbesar. Pulau yang paling padat adalah Ap Lei Chau.Semenanjung Kowloon menempel ke New Territories di utara, dan New Territories menempel ke Tiongkok daratan di seberangSungai Sham Chun (Sungai Shenzhen). Hong Kong memiliki 236 pulau di Laut China Selatan, yang di mana Pulau Lantaumerupakan pulau terbesar dan pulau Hong Kong yang kedua terbesar dan paling besar populasinya. Ap Lei Chau merupakan yang paling padat penduduknya di Hong Kong dan di dunia.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPI5HrnPaP_z9L3WimwKwB4Lh9yu7BgQmDzke4cAe2nec5_T5IZ9F2bLBv7qQaCnEYz6TagxdUSEX6paVntcxeodswT4JuRy0rBfbJ7OXuSfA3WQEM0-joW13o8swwbhoB74vL6ql-o98/s1600/Peta+Hongkong+(1).jpg

VISA     

Hong Kong termasuk negara yang membebaskan visa ataupun bisa mendapat “visa on arrival” (mendapat visa di bandara setempat) bagi pemegang paspor indonesia. Warga Negara Indonesia dapat mengunjungi Hong Kong & Macau selama 30 hari tanpa visa, namun visa diperlukan untuk mereka yang akan bekerja, belajar, menjalani latihan atau tinggal menetap. (ASM. Romlidiolah dari berbagai sumber dan pengamatan, pernah berkunjung ke Hong Kong tahun 2009 , 2010, dan 2012).

PEMERINTAHAN

Pemerintahan Hong Kong dipimpin seorang Kepala Eksekutif.Ia memimpin semua urusan pemerintahan, kecuali soal Hubungan Luar Negeri dan Pertahanan Militer yang dikendalikan langsung oleh Beijing.

Lembaga-lembaga pemerintahan HK terdiri dari Eksekutif, Legislatif, dan Pengadilan. Eksekutif dikepalai Chief Executive yang dipilih Komite Eksekutif, lalu ditunjuk oleh Pemerintahan Rakyat Pusat (Central People’s Government). Dewan Legislatif beranggotakan 60 orang dan dipimpin Presiden Dewan Legislatif.Pemerintahan HK secara tradisional memainkan peran pasif dalam ekonomi, sebuah kebijakan yang dikenal dengan istilah “positive non-interventionism”.Hong Kong sering disebut sebagai contoh kapitalisme laissez-faire (laissez-faire capitalism).Hong Kong menjadi negara industri dan pusat keuangan dunia sejak 1990-an.

http://cdn4.i-scmp.com/sites/default/files/styles/220x137/public/2015/09/07/zhoubo-regina-cy.jpg?itok=DWIf-bzY

 

TRANSPORTASI


Hong Kong memiliki sistem transportasi dalam kota yang mapan dan modern yang terdiri dari kereta api, bus, tram, feri, dan taksi. Jalan-jalan raya dibeton.Lalu lintas relatif tertib dan lancar. Trotoar untuk pejalan kaki aman dari PKL atau halangan apa pun. Tertib lalu lintas pengendara dan pejalan kaki membuat jalan-jalan bebas macet dan minim kecelakaan.

BANDARA INTERNASIONAL

Hong Kong dilayani oleh Bandara Internasional Hong Kong di Chek Lap Kok namun lebih sering dikatakan terletak di Lantau. Bandara tersebut menggantikan Bandara Internasional Kai Tak pada tahun 1998 dan menjadi pusat untuk Cathay Pacific Airways, Dragonair, Air Hong Kong, dan Hong Kong Express. Maskapai Cathay Pacific dan bandara ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai yang terbaik di dunia oleh Skytrax.Pada 2004, bandara ini melayani 36 juta penumpang. 

Dalam Kota

Transportasi HK menggunakan Kapal Ferry, MTR (Kereta Bawah Tanah), Bus, Taksi, dan Tram.Lebih dari 90% penduduk HK menggunakan transportasi umum tersebut.Hanya 10% menggunakan kendaraan pribadi.Ongkosnya menggunakan kartu Octopus dan uang cash.Hampir semua layanan transportasi dapat dibayar menggunakan Octopus Card. 

Tram segala jurusan tarifnya 2 dolar HK untuk orang dewasa dan 1 dolar untuk anak-anak dan usia lanjut. Hong Kong Tramways beroperasi sejak 1904.Bus tingkat dua diperkenalkan sejak 1949. Jaringan kereta bawah tanah dikelola oleh MTR Corporation Limited yang mengelola MTR dan Kowloon-Canton Railway Corporation yang mengelola KCR sedangkan layanan tramnya adalah satu-satunya di dunia yang memakai kereta tram dua tingkat.

Kereta cepat bawah tanah (MTR) memiliki 150 stasiun dan melayani 3.4 juta orang per hari.Jaringan bus dikelola oleh 5 operator yang menggunakan bus dua tingkat seperti terdapat di London danSingapura.Terdapat pula layanan taksi yang 99% armadanya menggunakan LPG. Layanan feri yang paling dikenal adalah Star Ferry yang menyeberangi Victoria Harbour antara Tsim Sha Tsui, Central, Wan Chai, dan Hung Hom. 

PARIWISATA

Pariwisata adalah salah satu tonggak utama perekonomian Hong Kong dengan 21,81 juta orang turis pada tahun 2004. Selama Januarisampai April 2005, jumlah turis terus meningkat sebesar 11,1% dan mencapai 7,41 juta orang. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat setelah dibukanya Hong Kong Disneyland Resort pada bulan September 2005.


Source :

http://ddhongkong.org/data-hong-kong/profil-hong-kong/

https://id.wikipedia.org/wiki/Hong_Kong


Tidak ada komentar:

Posting Komentar